Poso, Jayapura & Manokwari, 21 Juni 2021

POSO

Kondisi Ladang Pelayanan

Saat ini pelayanan Perkantas Poso sedang mengalami penurunan kuantitas dan juga kualitas murid. Kondisi pengurus di setiap komponen ssiwa, mahasiswa dan alumni mengalami kejenuhan, tidak ada spirit dalam mengerjakan pelayanan, terkhusus pasca pandemi setahun yang lalu. Kondisi PKK saat ini kurang berjuang dalam melakukan pemuridan dan ini sangat mempengaruhi kualitas KTB. Banyak KTB yang tidak berjalan dengan baik dan rutin. Kurangnya keterampilan dan kreativitas PKK dalam mengerjakan pemuridan dimasa pandemic mengakibatkan KTB menjadi kurang diminati oleh AKK. Selain itu ikatan okultisme dan kondisi masa lalu PKK-PKK yang juga belum terselesaikan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan kerohanian PKK yang selanjutnya menyulitkannya untuk memimpin dan memperjuangkan pertumbuhan rohani AKK yang dipercayakan. 

Kegerakan penginjilan juga sangat lemah dan menjadikan siswa serta mahasiswa yang dijangkau setahun terakhir ini mengalami penurunan jumlah. Kondisi lain adalah jaringan internet dan data yang tidak stabil mengakibatkan KTB dan pembinaan-pembinaan tidak maksimal diikuti. Hal lain yang terjadi adalah saat ini pelayanan di Poso sangat kekurangan staf fulltime dikarenakan 1 staf siswa (Doni) sedang melanjutkan studi dan 1 staf Mahasiswa/Alumni (Rino) mengambil cuti setahun. Sehingga hanya ada 1 staf kantor (Lia) dibantu dengan 1 staf lapangan Tentena (Vanty) yang akhirnya harus menghandle pelayanan siswa, mahasiswa, dan alumni yang ada di Poso bahkan juga yang ada di Tentena, sehingga kondisi ini juga mempengaruhi kondisi pelayanan di Poso.

Doakan:

Pelayanan Siswa

Doakan adik-adik siswa yang saat ini sedang dimuridkan melalui kelompok PA agar tetap setia dibimbing dalam KK. Doakan juga untuk kebutuhan PKK siswa agar Tuhan mengirimkan pekerja-pekerja dari alumni-alumni yang ada di Poso bersedia memberi diri memimpin kelompok PA siswa. Doakan untuk 7 SMA dan 1 SMP yang saat ini berelasi dengan Perkantas dan dilayani oleh TPS.

Pelayanan Mahasiswa 

Doakan untuk KTB-KTB agar tetap berjalan dengan baik khususnya ditengah-tengah kondisi pelayanan yang berlangsung virtual. Doakan agar pengurus PMK dan TPPM Poso tetap semangat dan setia dalam mengerjakan dan  mendampingi pelayanan Mahasiswa yang ada. Doakan 3 kampus di Poso yang saat ini dilayani (Unsimar, Poltekes, dan STIKES).

Pelayanan Alumni

Doakan untuk PA alumni yang ada di 4 wilayah di kota Poso agar dapat berjalan dengan maksimal sekalipun dalam bentuk online. 

Pelayanan Tentena

Doakan untuk pelayanan Tentena yang saat ini mengerjakan pembinaan dalam bentuk KK di beberapa sekolah, dan 2 kampus di Tentena (Unkrit dan STT). Doakan juga untuk PA Alumni yang diadakan setiap sebulan sekali dalam bentuk virtual agar dihadiri dengan maksimal oleh alumni yang ada di wilayah Tentena.

Pelayanan BPR

Doakan saat ini Perkantas Poso sedang menggumuli pengadaan rumah persekutuan sendiri dan bersyukur untuk tim pengadaan rumah persekutuan yang sudah terbentuk dua tahun terakhir ini. Rencana di tahun ini akan membeli tanah dan selanjutnya akan segera membangun rumah persekutuan diatasnya, kiranya Tuhan menyediakan dan mencukupkan dana yang dibutuhkan. Doakan untuk relasi pengurus BPR dengan alumni yang ada di Poso maupun diluar kota Poso tetap terjalin dengan baik. Doakan juga di tengah-tengah kondisi kurangnya staf saat ini, pelayanan di Poso tetap dapat dikerjakan dengan maksimal. Doakan agar 2 staf yang masih sangat baru diberikan hikmat dan kemampuan untuk mengerjakan pelayanan di Poso.


JAYAPURA

Staf dan Board

  • Bersyukur untuk kasih setia Tuhan dan pemeliharaannya dalam pelayanan Perkantas khususnya di Jayapura meskipun kondisi covid 19 yang sangat menakutkan dan membatasi pertemuan di dalam persekutuan,namun selalu ada jalan atau solusi untuk tetap menikmati/belajar firman Tuhan melalui persekutuan lewat zoom. 
  • Bersyukur juga untuk setiap KTB- KTB yang masih berjalan sampai saat ini, baik KTB siswa, mahasiswa dan juga PA alumni. 
  • Bersyukur untuk 5 orang BPP, 5 staf dan para donatur yang terus menyerahkan diri untuk melakukan panggilannya masing-masing dengan setia. 
  • Doakan pembangun ruper tahap kedua agar Tuhan mencukupkan dana serta tim yang mengerjakannya.
  • Doakan traveling staf dan perwakilan BPP ke daerah-daerah rintisan.

Pelayanan Siswa

  • Dalam pemuridan salah satunya adalah pelayanan online yang tidak efektif karena kondisi jaringan di papua saat ini yang tidak terganggu sehingga proses pelayanan di masa pandemic sangat terganggu.
  • Doakan proses regenerasi TPS yang sedang dilakukan dengan menyiapkan buah pelayanan dari daerah lain yang kemudian melayani di jayapura, Karena penjangkauan di jayapura sendiri dirasa sudah maksimal tetapi tidak ada orang yang menyediakan diri untuk menjangkau siswa.
  • Doakan ada staf yang menyerahkan diri untuk menjangkau pelayanan siswa.

Pelayanan Mahasiswa

  • Doakan tantangan pelayanan mahasiswa; jaringan, jam kuliah yang sering diganti sehingga sulit sekali untuk bisa menjangkau dan memuridkan mahasiswa di masa ini. Selain itu, banyak PKK yang kuliah sambil bekerja juga beberapa PKK dari mahasiswa medis sehingga seringkali mencari waktu yang tepat untuk belajar firman Tuhan itu sulit. 
  • Doakan agar para pelayan walaupun di masa sulit ini tetap memiliki kerinduan belajar firman Tuhan dan relasi secara pribadi dengan Tuhan tetap terpelihara.

Pelayanan Alumni

  • Doakan alumni yang sedang keluar dari Jayapura untuk bermisi melalui profesi mereka. 
  • Doakan alumni yang sudah pulang ke daerahnya agar tetap mencari tempat persekutuan untuk tetap menjaga pertumbuhan rohani.

MONOKWARI

  1. Mengucap syukur atas penyertaan Tuhan bagi pelayanan perkantas Manokwari. Bersyukur untuk 5 orang BPP yang setia mengerjakan pelayanan di tengah-tengah kesibukan bekerja.
  1. Mengucap syukur utk adik-adik  yang  dibina dalam kelompok pemuridan meskipun di tengah tantangan di masa pandemi ini, diantaranya ketiadaan jaringan komunikasi, koordinasi dan komunikasi yang jarang,  juga tidak ada staf yang mendampingi.
  1. Saat ini ada hanya ada  7 dari 32 KK yang aktif. Ketika ditanya PKK hanya diam sehingga menyulitkan teman-teman pengurus dalam mengambil tindakan. doakan supaya ada langkah yang tepat dalam menangani masalah ini juga kiranya 7 kelompok ini terus punya kerinduan untuk dimuridkan dan pada saatnya bisa menjangkau yang lain.
  1. Doakan pergumulan dalam pencarian staf utk Perkantas Manokwari. Semoga ada hambaNya yang terpanggil utk melayani di Kota Manokwari. 
  1. Doakan PA alumni bisa berjalan, karena sudah 2 bulan ini kelompok PA alumni tidak berjalan.
  1. Doakan penjangkauan mahasiswa  terutama Orang Asli Papua (OAP) supaya mereka bersedia dibina dalam persekutuan, pada pertemuan pertama dan kedua mereka hadir, tetapi pertemuan  berikutnya tidak lagi hadir.
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x