Jakarta & Alor, 22 Mei 2021

JAKARTA, 22 MEI 2021

Pelayanan Siswa

Bersyukur proses regenerasi yang tetap berjalan di tengah situasi pandemic. Awalnya kami takut akan kehilangan orang-orang yang akan melayani ke depan, karena semua pelayanan di lakukan full online, tidak ada pertemuan tatap muka sama sekali, tetapi nyatanya Allah tetap sediakan orang-orang yang melanjutkan pelayanan PSKJ maupun Rohkris Sekolah. 

Bersyukur juga untuk setiap event yang sudah terlaksana di tengah situasi pandemi ini: Event besar KKRS online (2020), Fellowship Day TPS dan Kamp Pengutusan Siswa (2021). Pelayanan rutin: KK, Visitasi, dan Stufell.  Doakan untuk siswa-siswa yang sulit dijangkau selama pelayanan virtual (tidak merespon, malas2an, dll), kiranya Allah gerakkan hati mereka agar mau bergabung dan dilayani.

Pelayanan Mahasiswa

Bersyukur Tuhan berikan relasi yang baik dengan PMK-PMK kampus di Jakarta. Bible Study online dan pembinaan online tetap rutin diadakan setiap Senin, Selasa, dan kadang hari Kamis. Demikian halnya persekutuan penilik, Bible Study Club, dan Pre graduation Session and Mentoring yang berjalan tiap bulannya.

Bersyukur untuk Retret Koordinator Online dan Retret Kelompok Kecil Jakarta online, diikuti ratusan pengurus dan PKK kampus-kampus Jakarta dan daerah-daerah lain di Indonesia.

Doakan pelayanan pemuridan di tengah pandemi agar terus diperjuangkan oleh PMK-PMK kampus dan PMKJ. Doakan juga  dalam menjaga semangat interdenominasi di pelayanan mahasiswa di kampus-kampus di Jakarta dan penjangkauan di saat semua nya serba virtual. 

Pelayanan Alumni dan Medis 

Bersyukur untuk pembinaan rutin yang diadakan oleh pelayanan alumni baik Persekutuan alumni Kristen Jakarta (PAKJ), Persekutuan Abdi Bangsa (PAB), Persekutuan alumni Kristen Depok (PAKDE), Persekutuan Medis Kristen Jakarta (PMDKJ) dan acara alumni untuk madya dan senior yang bisa rutin dilakukan di masa pandemic ini. Bersyukur di masa pandemic ini lebih banyak alumni yang bisa dilayani. Doakan KTB alumni dapat tetap berjalan, alumni tetap kuat di dalam Tuhan di tengah berbagai pergumulan yang dihadapi dalam masa pandemic ini dan hati alumni tetap melekat kepada Tuhan Yesus, Pokok Anggur yang benar.

Staf Jakarta

Bersyukur atas 35 staf Perkantas Jakarta (lapangan dan kantor). Sudah setahun lebih kami melakukan pekerjaan dan pelayanan dari rumah dan sebagian besar dilakukan secara online, baik itu pemuridan, khotbah, seminar, training, pekerjaan kantor dan rapat-rapat. Doakan agar kami tetap fokus pada penjangkauan dan pemuridan dalam setiap bagian pekerjaan yang kami lakukan. Doakan regenerasi kepemimpinan Perkantas Jakarta.

Kantor

Bersyukur  atas kesetiaan dukungan doa dan dana dari para alumni binaan ditengah masa pandemi covid ini. Pola fundrising yang berubah dari sebelum pandemi, tidak dapat dipungkiri setiap orang mengalami dampak secara finansial terutama psikis di masa pandemi. Staf fundrising jg mengalami tantangan ketika mendapati pokok doa dan sharing dari para alumni. Doakan Tuhan berikan kesanggupan bagi tim Fundrising dalam berelasi dan melayani para alumni.

Bersyukur atas pengembangan sistem keuangan Perkantas Jakarta yang bisa mengakomodir pengelolaan dana dengan lebih baik.

Doakan untuk koordinasi kerja juga cukup sulit di masa pandemi karna mayoritas staf kantor WFH, regenerasi koordinator kantor, dan penguatan pelayanan media serta literatur.

ALOR, 22 MEI 2021

Bersyukur kepada Allah yang memilihara Pelayanan Perkantas Alor hingga saat ini, pemberitaan kabar baik, penjangkauan secara pribadi dan Persekutuan besar serta proses pemuridan yang dilakukan dalam pelayanan siswa, mahasiswa serta alumni dan proses multipikasi sehingga terbentuknya KTB-KTB dari siswa, mahasiswa serta alumni dan adanya PKTB-PKTB yang memberi diri dalam proses pemuridan.

Pelayanan siswa

Bersyukur keterbukaan pihak sekolah bagi pelayanan siswa sehingga adanya persekutuan siswa Kristen (Persisten) di 6 sekolah, guru-guru kontak ditiap sekolah yang  mendukung ibadah Persisten, ibadah gabungan Persiten digereja, setiap siswa yang memberi diri menjadi BP di tiap sekolah serta kakak-kakak TPS yang memberi diri melayani siswa-siswi.

Tantangan yang dihadapi dalam pelayanan siswa, rata-rata TPS yang melayani siswa adalah alumni yang bekerja sehingga terkadang sulit membagi waktu secara maksimal antara pekerjaan dan mendampingi adik-adik binaan, kesulitan memiliki PKTB cowok bagi adik-adik binaan sehingga lebih dominaan cewe daripada cowo, pergaulan bebas, pornografi, game online serta pola asuh orang tua  dengan kekerasan fisik dan verbal sangat mempengaruhi pertumbuhan mereka secara utuh.

Pelayanan Mahasiswa 

Bersyukur Ibadah PMK yang masih berjalan setiap hari sabtu pukul 11.00 secara online, dan adanya keterbukaan dosen terhadap pelayanan mahasiswa yang mengizinkan kami melakukan pertemuan KTB di kampus.

Tantangan yang dihadapi pelayanan mahasiswa yaitu KTB yang di yang dipimpin alumni tidak berjalan dan bubar. Hal ini mengakibatkan kami kesulitan dalam multiplikasi dan juga kesulitan PKTB cowo serta pergaulan bebas di kampus membuat hidup kudus menjadi sesuatu sulit, jadwal kuliah yang kadang berubah-ubah mengakibatkan hari sabtu yang harusnya jadi hari libur, mahasiswa harus berkuliah. Hal ini berdampak pada kehadiran mahasiswa di ibadah PMK setiap sabtu pukul 11, kondisi jaringan dan listrik yang sering padam di hari sabtu mengakibatkan kehadiran di ibadah PMK tidak stabil bahkan terkadang sedikit yang hadir karena jaringan tidak ada disaat listrik padam.

Pelayanan Alumni

Bersyukur untuk KTB-KTB alumni yang terbentuk. Bersyukur melalui pelayanan alumni ada 1 jemaat binaan di salah satu gereja dan sudah terbentuk  beberapa kelompok PA, ada kelompok PA untuk majelis, Pemuda dan Remaja. Kami bersyukur kepada Tuhan sebab dalam bencana yang Tuhan izinkan, kami dapat berbagi kasih dalam tanggap bencana melalui donasi Perkantas NTT, Perkantas Alor & donatur lainnya. Bantuan di salurkan ke 9 lokasi terdampak bencana dan kami melakukan pendampingan  pshiko social Ekologi Biblika pasca bencana kepada anak-anak di salah satu desa selama 4 minggu.Bersyukur selama masa pandemi ibadah alumni (single maupun pasutri), PA Pendikris (pendidik Kristen) masih tetap bisa berjalan secara virtual.

Tantangan yang dihadapi dalam  pelayanan alumni, Ibadah secara virtual tidak begitu dinikmati karena signal yang kurang baik. Doakan  kebutuhan dana untuk pembangunan Ruper tahap dua.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x