Semarang, 25 Mei 2021

SEMARANG, 25 Mei 2021

Perkantas Semarang

Bersyukur untuk kondisi baru dalam kehidupan kita termasuk pelayanan. Karena hal ini justru membuat seluruh komponen pelayanan berdoa dan memohon hikmat dari Allah untuk menemukan cara baru agar Injil Kristus yang bernilai kekal dipahami dan dihidupi oleh orang2 yang dilayani di zaman ini. Saat ini, ke 3 komponen bisa bersinergi dan berkesinambung dengan dihadirkannya wadah pelayanan antara kelas 9 ke kelas 10, kelas 12 ke mahasiswa dan pra alumni. Wadah pelayanan antara ini membahas materi-materi yang menyiapkan mereka memasuki tahap kehidupan berikutnya. Hal ini secara keseluruhan menghasilkan pemuridan yang berkesinambungan, mengokohkan kualitas murid dan pelayan untuk menjangkau jiwa-jiwa baru di tiap komponennya. Bagi para pelayan (PKTB dan Pengurus) komponen, selain dilatih ketrampilan pelayanan di masing-masing komponen, mereka juga dibina secara bersama dalam retreat pelayan Perkantas Semarang dan Bible Camp. Saat ini ada 2 daerah pelayanan perintisan yaitu Blora-Cepu dan Timika yang Allah percayakan kepada kami dan tidak ketinggalan pelayanan media, konseling-mentoring, litbang dan keterlibatan pelayanan dari alumni yang tinggal di luar kota juga berkembang.     

PELAYANAN SISWA

Bersyukur:

  1. Di masa pandemi ini justru membuat para TPS dan pengurus Persisten kota dan sekolah (15 sekolah) makin kreatif dalam membina para siswa dan dalam menjangkau sekolah2 (5 sekolah sudah ada KTB)
  2. Untuk guru2 agama dan guru2 pembina persekutuan yang memfasilitasi penjangkauan siswa-siswa kelas 7 dan kelas 10 untuk bisa di KTB walaupun sekolah belum onsite                      

Berdoa: 

  1. Allah memberikan pertumbuhan bagi setiap pribadi yang dilayani, yang terhilang mengalami pertobat-an, Allah menyingkapkan berhala2 yang masih ada dalam hati tiap pribadi, sehingga dapat men-Tuhan-kan Kristus dan terjadi multiplikasi.  
  2. Para pelayan tidak kecut dan tawar hati di tengah tiap tantangan yang ada, tetapi justru makin meng-andalkan Tuhan, Tuhan memberikan hikmat untuk mengambil keputusan dan mengatur waktu dengan bijaksana, mengalami kekuatan dan pengalaman iman bersama dengan Allah dalam pelayanan, dan sehati sepikir dalam mencapai tujuan pelayanan.
  3. Allah memberkati masing2 pribadi sehingga siswa2 dan TPS memahami setiap materi pelajaran yang diterima, berjuang dalam belajar mandiri, dan mempersembahkan study bagi kemuliaan Tuhan.

PELAYANAN MAHASISWA

Bersyukur: 

  1. Allah menyediakan orang2 yang bersedia menjadi pengurus PMK kota dan TPPM, sehingga pelayanan makin berkembang walaupun di masa pandemi ini.
  2. Allah menambahkan jumlah Persekutuan fakultas2 yang pengurusnya bisa menyadari pentingnya pelayanan dengan kurikulum yang mengarah ke visi persekutuannya, sehingga mereka meningkatkan pemuridan melalui PU dan KTB. Serta berjuang penjangkauan mahasiswa melalaui KPA2. 

Pokok Doa: 

  • Pemuridan melalui KTB2, Persekutuan2 rutin dan retreat/kamp2 secara online dapat menumbuhkan iman mahasiswa yang dilayani di tengah tantangan mahasiswa yang mayoritas pulkam. 
  • Training2 dapat memperlengkapi para pelayan untuk mengerjakan tanggungjawab dengan lebih efektif & menopang mereka untuk tetap memperjuangkan orang2 yang dilayani walau ada banyak tantangan. 
  • Allah memperkuat relasi TPPM dengan pengurus persekutuan fakultas/kampus perintisan, agar kualitas pemuridan yang diperjuangkan di persekutuan2 tsb menghasilkan para pekerja yang berkualitas.

PELAYANAN ALUMNI

Bersyukur: 

  1. Untuk 6 komunitas mentoring dari hasil weekend Alumni 2020 yang mendampingi alumni yunior
  2. 15 Alumni memimpin KTB2 siswa dan mahasiswa secara rutin ditengah kesibukan bekerja 

Berdoa:

  1. Dalam kondisi pandemi, relasi dalam kelompok2 KTB (105 orang KTB tiap minggu dan 26 orang KTB tiap bulan) tetap terjaga, sehingga alumni bisa saling menguatkan dalam pertumbuhan imannya 
  2. PU PAK yang dilaksanakan tiap bulan dapat membangun “Resilience” keseluruhan aspek hidup para alumni di tengah tantangan atau tekanan yang dialam.
  3. Pembinaan pra-alumni selama 1 tahun untuk mempersiapkan mereka (gen Z) menjadi alumni yang siap berkarya dan bermisi di profesi masing2 relevan untuk dunia kerja yang berubah di zaman 4.0/5.0  
  4. Divisi mentoring yang melibatkan 14 orang alumni senior dapat berkembang sesuai kebutuhan alumni2 yunior dalam divisinya masing2 dan secara bersama dapat mengerjakan 1 proyek misi.

KOTA2 PERINTISAN

Bersyukur:

  1. Beberapa mahasiswa AKAMIGAS Cepu yang berjuang tetap mengikuti pembinaan PMKS ditengah tantangan study yang ada
  2. Pelayanan siswa, mahasiswa dan alumni Timika yang berjalan sesuai dengan program pelayanan yang direncanakan di tengah tantangan masa pandemi dan kesulitan jaringan internet

Berdoa:

  1. Pelayanan siswa Blora-Cepu yang tidak bisa dilakukan karena larangan dari sekolah dan keberatan orang tua dengan pelayanan online. Follow up yang sedang diupayakan ada 1 alumi yang Tuhan kirim untuk menjadi associate staf di Blora-Cepu.
  2. Di Timika: pelayanan siswa dapat dikerjakan secara off line dengan dukungan sekolah dan gereja, pembinaan mahasiswa efektif dilakukan secara habrid dan pelayanan alumni dapat menopang iman alumni walau dilakukan secara online tiap bulan dalam kelompok2 PA dan 3 bulan 1X secara bersama dalam kelompok besar.

 

Perkantas Semarang
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x