Yogyakarta & Salatiga, 26 Mei 2021

YOGYAKARTA, 26 MEI 2021

Perkantas Yogyakarta

Kami bersyukur untuk agility, yang ditunjukkan secara kolektif oleh anggota BPC, Staf, maupun tiap pengurus komponen dalam merespons situasi pandemi. Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pendidikan, saat ini berbeda sekali situasinya. Hanya sedikit jumlah mahasiswa yang masih tinggal, biasanya mereka yang menyelesaikan tugas akhir. Koordinasi di antara pengurus komponen, karena kebanyakan berada di tempat asal masing-masing, juga cukup terkendala. Namun demikian, berbagai upaya terus dilakukan untuk bisa mengatasi kondisi ini. Para Staf saling berbagi tips bagaimana memuridkan, membawakan materi, dan membangun suasana tim dalam konteks daring. Sekalipun tidak bisa sekuat dan secepat sebelumnya, namun penjangkauan siswa dan mahasiswa serta pembentukan KTB-KTB baru masih terus terjadi. Namun, di sisi lain, mempertahankan laju pertemuan dan kedalaman kelompok-kelompok tersebut tidak mudah. Kendala jaringan internet, tidak adanya referensi (contoh atau model), kesibukan sekolah/ kuliah, kejenuhan, tanggung jawab tambahan lainnya karena para siswa/ mahasiswa lebih sering berada di rumah, dan yang terutama, ketiadaan interaksi tatap muka langsung, adalah hal-hal yang terus jadi tantangan.

PELAYANAN SISWA

Bersyukur: 

  1. Untuk penyelenggaraan persekutuan kota yang bisa mengisi celah ketika persekutuan sekolah mandeg. Ini bahkan memberi contoh kepada para pengurus persekutuan sekolah untuk bagaimana bisa mengelola persekutuan dalam situasi yang berbeda
  2. Pelatihan pengurus persekutuan sekolah, yang sebelumnya tidak ada dalam rencana pelayanan tahun ini Secara kolektif umum, 

Berdoa:

  1. Kami sedang menyiapkan rangkaian pelatihan penjangkauan di bulan Juni. Satu metode yang sudah ‘siap pakai’ akan dilatihkan. Selain itu, akan dilakukan uji coba adaptasi pendekatan dengan menjadi sahabat rohani bagi yang seekers.
  2. Tantangan untuk memelihara konsistensi dan kedalaman KTB-KTB yang sedang berjalan juga menjadi tantangan pencapaian profil, hal ini akan mempengaruhi pelipatgandaan di tahun ini dan tahun depan.
  3. Untuk rangkaian tindak lanjut yang akan dilakukan paska kamp KTB bulan Mei 2021, pendampingan yang makin intense kepada KTB-KTB yang ada dan para (calon) PKTB

PELAYANAN MAHASISWA

Bersyukur:

  1. Untuk acara temu alumni yang membuka peluang mentoring dari para alumni kepada pra alumni dan alumni baru. 

Berdoa:

  1. Untuk bisa menciptakan lingkungan perjumpaan dan interaksi bagi pra alumni dan alumni baru dengan alumni senior sehingga nantinya mereka bisa menjadi berkat dalam dunia profesinya.

PELAYANAN STAF dan BPC

Bersyukur:

  1. Tim Staf yang terisi orang-orang muda memungkinkan fleksibilitas untuk perubahan dan kontekstualisasi terhadap generasi yang berubah. 
  2. Untuk lahirnya pelayanan baru, seperti Tele Konseling dan Psikoedukasi melalui akun Instagram @perkantasjogja yang dikelola oleh Kelompok Peminatan Kesehatan Mental Perkantas Yogyakarta.
  3. Pelayanan Tim Media dan tim khusus yang menggerakkan kehidupan doa seluruh komponen berhasil membawa ide-ide kreatif dan segar bagi kegerakan doa bersama bagi pelayanan. 

Berdoa: 

  1. Dalam Mei 2021, telah dan akan ada 2 Associate Staff dan 2 Full-time Staff yang menyelesaikan komitmen pelayanannya. Doakan agar pelayanan yang ditinggalkan bisa tetap berjalan dengan konsisten, terutama di penggembalaan dan relasi kepada alumni. 
  2. Sebagian pengurus BPC juga mendekati masa akhir komitmen pelayanannya. Namun, mengingat situasi terkini pelayanan, mereka sedang mempertimbangkan dan mendoakan kemungkinan untuk tetap tinggal minimal satu periode lagi.
  3. Pada bulan Juni, akan kembali memperhatikan daerah-daerah yang pernah dilayani, seperti di Bantul dan Wates (Kab. Kulon Progo), dan Wonosari (Kab. Gunung Kidul). Langkah yang akan dilakukan adalah mulai dengan doa, kontak dengan alumni-alumni yang pernah dibina di daerah-daerah tersebut. Kiranya Allah mempertemukan dengan orang2 yang tepat. 
  4. Hadirnya Staf Media yang bisa mendukung pelayanan di lapangan dengan pengelolaan media komunikasi yang kontekstual, lewat konversi bahan/ materi pelayanan ke bentuk digital, dan bersama dengan Staf mengeksekusi ide-ide penjangkauan secara daring.

SALATIGA, 26 MEI 2021

Perkantas Salatiga
  • Bersyukur untuk penyertaan Tuhan bagi Perkantas Salatiga
  • Doakan untuk koordinasi antara BPR, komponen Siswa, Mahasiswa, dan Alumni dapat berjalan dengan baik
  • Doakan untuk penjangkau siswa baru di tahun 2021 kiranya Tuhan menolong ktb yang baru terbentuk
  • Doakan untuk penjangkauan siswa Papua agar Tuhan menolong melalui koordinasi dengan sekolah yang sedang dilakukan
  • Doakan untuk pengurus PMKS3 agar makin menangkap beban pelayanan dan mengerjakan student initiative and responsibility
  • Doakan unt pelayanan kelompok kecil di PMKS3, terkhusus unt kelompok laki-laki di tahun 2021 ini. Berdoa untuk Penjangkauan AKTB 2021.
  • Doakan agar AKTB makin menangkap visi pemuridan, dan bersedia memberikan diri untuk memuridkan
  • Doakan untuk pelayanan alumni dari setiap program yang dikerjakan baik itu KTB, PU, dan PA kiranya dapat menjadi wadah bagi alumni untuk bertumbuh dan mempertajam visi. 
  • Doakan untuk pengurus alumni dan semua alumni yang dilayani agar semakin sehati, semakin mengalami pertumbuhan, hidupnya terjagai oleh Firman Tuhan, hidupnya menjadi berkat bagi keluarga, gereja, tempat kerja, dan masyarakat
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x