Denpasar & Lampung, 27 Mei 2021

DENPASAR, 27 Mei 2021

Perkantas BaliPandemi bisa dikatakan memberi dampak yang cukup berpengaruh bagi pelayanan Perkantas di Bali, dampak positifnya adalah membuat para pengurus dan staf mencoba mengembangkan kreatifitas untuk menjangkau dan membangun kehidupan rohani orang-orang yang dilayani secara virtual. Namun demikian ada pula dampak negatifnya seperti kesulitan tatap muka menyebabkan terkendalanya koneksi dengan orang-orang yang dilayani, adik-adik dari luar daerah cenderung kembali kedaerah asalnya dan hal ini cukup berpengaruh terhadap laju pelayanan. 

Pelayanan Siswa

Bersyukur:

  • Kami bersyukur untuk pelayanan pemuridan yang masih terus berjalan hingga saat ini. KTB-KTB masih aktif meskipun pertemuan dilakukan secara virtual. Ada juga beberapa KTB pengurus TPSD yang sudah lama tidak KTB bisa aktif kembali.
  • Untuk calon-calon TPSD (CTPS) yang Tuhan kirim, dan kami sedang follow up beberapa orang lagi. Mereka juga sedang dipersiapkan dengan mengikuti beberapa kegiatan 
  • Untuk kembalinya Ce Yuli dalam pelayanan siswa di Denpasar walaupun sebagai mahasiswa praktek dari SAAT dengan hadir di setiap rapat TPS dan juga memimpin beberapa KTB siswa

Doakan:

  • Penginjilan kepada siswa-siswa baru di Denpasar dapat memenangkan jiwa walau dilakukan secara online. 
  • Tuhan memberikan siswa-siswa yang takut akan Tuhan untuk menjadi  pengurus persekutuan siswa kristen (Christian Student Fellowship, CSF) di tahun ini. 
  • Untuk pelayanan kelompok PA di sekolah-sekolah bisa kembali berjalan, kembali menjalin relasi dan  kerjasama dengan guru-guru agama dari sekolah-sekolah yang dilayani

Pelayanan Mahasiswa

Bersyukur:

  • Untuk banyak KTB-KTB lama yang tetap berjalan di masa pandemi ini dan sebagian besar mahasiswa-mahasiswa yang ditargetkan memimpin KTB di tahun ini telah terealisasi. 
  • Bersyukur juga untuk kegerakan doa di mahasiswa mengalami peningkatan kehadiran dalam persekutuan doa online setiap Sabtu pagi. Banyak juga mahasiswa yang mau terlibat dalam pelayanan musik ataupun renungan Firman Tuhan. Pengurus PMKD juga mendoakan para PKK dan AKK yang ada di Denpasar. 
  • Awal Mei telah diadakan kamp pemuridan (Bali Student camp 2021) secara virtual, yang memperlengkapi para PKK dan CPKK untuk memuridkan mahasiswa di Screen Age ini.

Berdoa:

  • Beberapa KTB-KTB yang dipimpin oleh Alumni, supaya dalam waktu dekat dapat kembali berjalan. 
  • Kesinambungan pelayanan dari mahasiswa bisa dipahami oleh mahasiswa yang lulus sehingga mereka bisa hadir dan melanjutkan pembinaan di PAK.
  • Tuhan selalu hadir dalam pelayanan, pendidikan dan kehidupan pribadi pengurus PMK Bali. Karena banyak pengurus yang tidak berada di Bali, sehingga kita hanya bertemu secara online dan itu membuat kita tidak bisa memberi kekuatan ataupun dukungan secara langsung ketika ada pengurus yang mengalami masalah.

Pelayanan Alumni 

Bersyukur:

  • Bersyukur untuk pelayanan pembinaan Alumni yang terus berjalan hingga sekarang. Kegiatan rutin adalah PA Wilayah untuk seluruh alumni yang dilakukan sebulan sekali. Selain itu, kegiatan rutin lainnya adalah Kelas Garam. Ini adalah pembinaan bagi para pra-alumni dan fresh graduate. 

Berdoa:

  • Pengembangan dan penaataan pelayanan Alumni agar bisa memenuhi kebutuhan dari Alumni Yunior ke Senior. 
  • Kelangsungan PA Alumni dalam 4 wilayah Kota Denpasar dan Kab.Badung dan acara2 webinar dan training-training yang sudah direncanakan bisa menopang kehidupan rohani para alumni yang hadir. 

Board & Staf

Bersyukur: 

  • untuk penyertaan Tuhan bagi pelayanan board dan staf yang perlu banyak penyesuaian di masa-masa online ini.
  • untuk kecukupan dana yang Tuhan berikan bagi Perkantas Bali. Meskipun terkadang diijinkan Tuhan mengalami defisit. Namun, kebutuhan bulanan selalu dicukupkan pada waktu yang tepat. Doakan untuk kebutuhan-kebutuhan kedepan agar selalu dicukupkan. 

Berdoa:

  • Doakan pergumulan beberapa board dalam pekerjaannya, khususnya yang bergerak dibidang pariwisata. Mereka cukup berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun disaat bersamaan juga harus memikirkan kebutuhan pelayanan. Kiranya Tuhan menolong kakak-kakak board dalam pekerjaan dan pelayanannya.
  • Untuk pelayanan staf. Bulan Agustus nanti Acha (PC & Staf Mahasiswa) akan cuti melahirkan dan bulan November akan menyelesaikan komitmen di Perkantas Bali. Kiranya Tuhan menolong dalam pendelegasian tugas kedepan. Doakan juga untuk pemimpin baru kedepan agar Tuhan sendiri yang memberikan orang terbaik, orang dengan hati yang murni untuk melayani siswa-mahasiswa-alumni di Perkantas Bali. 
  • Untuk bidang Misi, Media, dan Litbang. Bidang Misi sedang berfokus untuk melayani satu desa binaan di daerah Tabanan. Memang di masa pandemi ini sempat terhambat tapi sekarang sedang di aktifkan kembali oleh pengurus dan juga Pak Agus sebagai staf pendamping. Pelayanan media yang sudah berjalan. Pelayanan ini menjadi fasilitator bagi komponen-komponen yang membutuhkan media untuk kegiatan-kegiatan pelayanannya. Selain itu, pelayanan media juga fokus mengelola media sosial Perkantas Bali & Singaraja. Pelayanan Litbang yang sedang berjalan. Saat ini tim Litbang sedang melakukan penelitian untuk mengevaluasi pelayanan Staf Lapangan di bidang pemuridan. Doakan agar pelayanan bidang-bidang ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan semuanya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan.

LAMPUNG, 27 Mei  2021

Syukur atas penyertaan Tuhan atas pelayanan Perkantas Lampung sampai saat ini, walaupun dengan segala keterbatasan dan penyesuaian yang ada siswa, mahasiswa dan alumni masih tetap dilayani. Kami juga bersyukur kepada Allah yang tetap menanamkan hati memberi kepada para donatur sehingga keuangan Perkantas Lampung masih stabil. 

Selama masa pandemi pelayanan pemuridan menemukan berbagai tantangan. Dimulai dari semangat pengurus komponen yg menurun karena tekanan pekerjaan dan perkuliahan, sinyal yang tidak stabil sampai sulitnya mencari pengurus dan CPKK. Bahkan ada persekutuan kampus yang baru bulan Februari 2021 aktif kembali setelah hampir setahun vakum. 

Regenerasi juga adalah tantangan yang sampai saat ini masih kami gumulkan. Menemukan orang-orang yang tepat untuk melayani di komponen Siswa, Mahasiswa juga Alumni semakin sulit karena pandemi ini. Mohon doakan agar regenerasi pengurus komponen, baik siswa mahasiswa dan alumni supaya Tuhan tetap berikan pekerja-pekerja yang mau memperjuangkan pelayanan siswa dan mahasiswa. 

Pemuridan tetap diperjuangkan secara daring melalui video conference maupun pertemuan langsung (tanpa mengabaikan prokes). Pada awal pandemi persekutuan umum via Zoom meeting masih diminati oleh mahasiswa dan alumni single, namun menemukan titik jenuh pada akhir tahun 2020, hal ini membuat PMK kota mesti putar otak agar tetap menjadi wadah bertumbuh yang efektif sehingga podcast digarap. Sedangkan untuk persekutuan siswa dan alumni masih mengadakan persekutuan online. 

Mohon doakan perkantas lampung bisa mengembangkan pelayanan digital lebih baik agar pelayanan semakin efektif dan perintisan pelayanan BPR Pringsewu ke Kalirejo agar Tuhan berikan kepekaan atas pimpinan Tuhan kepada tim perintisan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x