Mataram & Banten, 28 Mei 2021

MATARAM, 28 Mei 2021

Saat ini pelayanan di Perkantas Mataram sedang fokus merintis pelayanan di Sumbawa. Sejak 2018 Perkantas Mataram mulai menjalin relasi dengan beberapa alumni dan orang tua serta hamba Tuhan yang ada di Sumbawa. Bersyukur untuk dukungan yang diterima sehingga hingga awal tahun 2020 (sebelum covid) sudah dilakukan beberapa kali kunjungan untuk merintis kelompok pemuridan yang dimulai dengan melayani lewat persekutuan pemuda dalam ibadah minggu. Melalui kunjungan ini tahun 2019 diadakan penyambutan siswa baru dan akhirnya terbentuk kelompok kecil yang dipimpin oleh staf dan 2 orang alumni yang bekerja di Sumbawa. Namun hingga saat ini kendala utama adalah masih belum maksimalnya regenerasi dikarenakan beberapa siswa yang dimuridkan harus pindah sekolah diluar kita dengan jarak yang cukup jauh. Sehingga  komunikasi dan relasi menjadi terputus karena kesulitan jaringan. Kesulitan lainnya adalah kurangnya alumni yang menetap di kota Mataram pasca kelulusan dari kampus yang ada dikota Mataram. Sebagain besar mahasiswa yang studi memutuskan Kembali ke tempat tinggal mereka atau merantau ke kota lain, sehingga Perkantas Mataram kesulitan mencari pekerja dan pemimpin KK yang melayani dikota ini.

Beberapa hal yang tengah dikerjakan saat ini:

  • Pendekatan kepada siswa dan mahasiswa untuk memperkenalkan pemuridan bagi mereka. 
  • Para staf, pengurus dan pembimbing kelompok pemuridan terus mengasah otak untuk berpikir kreatif memuridkan di siswa-mahasiswa di era digital seperti ini.
  • Kelompok Tumbuh Bersama tetap menjadi prioritas utama bagi kami, selain itu ibadah penyambutan siswa dan mahasiswa baru tetap diadakan sebagai wadah penjangkauan.
  • Saat ini kelas pra alumni baru saja di mulai di akhir tahun 2020 untuk memperlengkapi alumni-alumni baru agar siap masuk dalam dunia kerja. 

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk sambutan dan kerjasama dengan gereja-gereja lokal di Sumbawa untuk merintis pemuridan siswa dan mahasiswa
  2. Alumni-alumni yang memberikan waktunya untuk memuridkan
  3. Doakan kegerakan pemuridan di NTB menjadi kegerakan bersama baik siswa, mahasiswa, gereja dan alumni
  4. Penjangkauan dan pemuridan yang dilakukan secara online dalam masa pandemi ini agar terus semangat bertumbuh dan membagikan kabar baik
  5. Doakan regenerasi pengurus dan pembimbing kelompok kecil yang dilakukan di tiap komponen, sehingga mereka yang bertumbuh melalui pemuridan secara sukarela memberikan diri untuk menjadi pembimbing
  6. Awal tahun 2021 lalu telah dilakukan rapat TP3M dan staf untuk memetakan pelayanan Perkantas 10 tahun, doakan untuk kota-kota yang masuk dalam peta (Sumbawa, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Bima) agar ada jalan keluar dan orang yang mau terlibat di dalam misi ini.
  7. Doakan untuk rencana renovasi rumah persekutuan yang sedang dirancang gambarnya, penggalangan dana serta kebutuhan akan donatur rutin yang mendukung secara dana.

BANTEN, 28 MEI 2021

Siswa

Pemuridan dalam Pelayanan Perkantas Banten masih terus dikerjakan walaupun dalam bentuk online. Dalam pelayanan siswa, KK dalam bentuk online mulai terasa sangat membosankan. Siswa mulai kelelahan mengikuti bukan hanya pemuridan online tetapi juga seluruh pembinaan online yang disediakan/ diberikan. Ini menjadi tantangan dan pergumula yang tidak mudah bagi pelayanan siswa karena PKK harus extra berpikir dalam untuk mempersiapkan KK. Karena itu juga, beberapa KK mengalami kemandekan ataupun kemunduran secara profil karena sulitnya punya waktu bertemu online juga sulitnya berbagi/ terbuka karena banyak rutinitas yang dikerjakan. Itu juga yang membuat terlambatnya terbentuk KK kelas 10 mulai terbentuk.Tahun ini, pelayanan siswa di tiga wilayah (kabtang 1, kabtang 2 dan D’cis) fokus berjuang membenahi pemuridan sehingga proses berbagi hidup tetapi terjadi dan KK bukanlah sekedar program rutin yang dikerjakan.

Doakan berbagai cara yang kami lakukan dalam memperjuangkan pemuridan di pelayanan siswa, menghasilkan siswa yang setia mengikuti Kristus. 

Doakan Tahun ini akan ada penjangkauan online untuk siswa. Staf pengarah sedang memikirkan dan mendoakan panitia juga bentuk acaranya, kiranya Tuhan menolong.

Mahasiswa

Begitupun dalam pelayanan mahasiswa, pemuridan tetap dikerjakan secara online juga. Walaupun ditengah pandemi, regenerasi PKK juga AKK di Kampus tertentu tidak mengalami kesulitan yang begitu mengganggu. Bahkan karena pandemi, pertemuan PKK dapat berjalan rutin dan menjadi wadah berbagi, saling menguatkan untuk masing-masing PKK. Kesigapan mempersiapkan bahan KK online juga menjadi hal yang telah disiapkan oleh seksi KK Untirta.

Namun, di Kampus lain di Serang ada yang pemuridan tidak berjalan sama sekali. Inipun sedang terus didoakan dan dipikirkan. Begitu juga dengan kampus-kampus di Tangerang juga mengalami kemandekan. Kesibukan kuliah online juga aktivitas lain menjadi tantangan yang dihadapi.

Bukan hanya itu saja, pergumulan spiritualitas yang mundur juga menjadi masalah yang terjadi di pandemi ini. Pergumulan keluarga juga masuk didalamnya. Banyak siswa dan mahasiswa yang perlu ditolong dalam mengerti dirinya dan terus bersyukur dalam kondisi ini. Bersyukur pelayanan konseling juga sangat membantu menolong  siswa juga mahasiswa dalam bertahan dalam kondisi pergumulan yang tidak mudah ini.

Alumni

Tahun lalu karena resahnya melihat dampak pandemi, maka kami secara khusus Bang Firstsan dan beberapa orang membentuk gerakan bahu membahu (Gbu) untuk menolong mereka yang terdampak covid. Inilah yang menjadi cikal bakal “Tani Kite”. Tujuan Tani Kite adalah memperkenalkan petani kepada Kristus juga menyejahterahkan kehidupan mereka. 

Hal yang menarik dalam masa pandemi ini juga adalah pelayanan digital juga pelayanan misi. Pelayanan digital Perkantas Banten mulai berkembang walaupun diawal sangat sulit untuk dikerjakan. Seluruh staf bergandengan tangan dalam mengerjakan pelayanan ini. Staf muda dilibatkan dalam memikirkan, membuat juga mengerjakan konten-konten pembinaan online lewat media sosial untuk dibagikan ke siswa, mahasiswa juga alimni. Ada program BTS (belajar tapi santai) di IG Perkantas dan DJ (Discipleship Journey) di youtube Perkantas Banten yang sekarang sedang berjalan. Kiranya program ini boleh menjadi wadah pembinaan online yang baik bukan hanya untuk komponen Perkantas Banten tetapi juga untuk yang lain. Dan kiranya media social menjadi wadah dimana boleh membagikan kasih Allah yang nyata bagi siswa, mahasiswa juga alumni.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x